Ikuti Kami di ...

Premium WordPress Themes

Penyakit Katarak


Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa mata menjadi keruh akibat dari berbagai macam penyebab. Biasanya katarak merupakan bagian dari proses pertambahan umur seseorang. Namun dengan teknologi kedokteran modern, katarak tidak lagi merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Berjuta-juta orang telah bebas dari katarak melalui proses operasi mikro yang aman dan nyaman. Pasien bisa langsung pulang ke rumah dan dapat melakukan aktifitas kembali beberapa saat setelah menjalani operasi.

Brosur ini akan memberikan informasi umum mengenai katarak serta apa yang terjadi sebelum, pada saat dan sesudah operasi katarak. Dokter spesialis mata anda akan memberikan informasi lebih rinci berkaitan dengan mata anda.

Mata kita bekerja seperti sebuah kamera. Lensa mata yang terletak di dalam mata (di belakang Iris) bertugas memfokuskan cahaya agar membentuk suatu bayangan yang tajam di retina. Retina bekerja seperti film pada sebuah kamera yang berfungsi untuk merekam bentuk bayangan suatu obyek dalam bentuk gambar. Gambar tersebut dihantarkan melalui syaraf optik menuju otak untuk diterjemahkan menjadi sesuatu yang kita lihat.



APA YANG DISEBUT KATARAK?

Katarak adalah perubahan lensa mata yang tadinya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas. Pada penderita katarak, cahaya sulit mencapai retina sehingga bayangan pada retina menjadi tidak jelas atau kabur. Keadaan ini sama seperti hasil pemotretan yang tidak jelas akibat lensa kamera yang kotor.

GEJALA KATARAK

1. Pandangan kabur atau berkabut seperti melihat melalui kaca yang berembun.
2. Ukuran kaca mata sering berubah.
3. Sering merasa silau pada siang hari atau pada cahaya yang berlebihan.
4. Dapat melihat bayangan ganda pada saat mengemudi di malam hari.

JENIS-JENIS KATARAK

1. Katarak Kongenital
Diderita oleh bayi dan anak-anak yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus pada saat ibu hamil muda.

2. Katarak Senilis
Katarak yang disebabkan oleh proses penuaan.

3. Katarak Traumatik
Katarak yang disebabkan oleh trauma atau kecelakaan langsung pada mata.

4. Katarak Komplikata
Katarak yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit tertentu seperti penyakit Kencing Manis.

APAKAH ANDA MEMERLUKAN OPERASI?

Perlu tidaknya mata anda dioperasi akan ditentukan dari hasil konsultasi anda dengan dokter spesialis mata. Bila pekerjaan anda memerlukan penglihatan yang tajam maka anda akan lebih membutuhkan operasi lebih dini dibanding dengan mereka yang jenis pekerjaannya kurang memerlukan penglihatan yang tajam.

SEBELUM OPERASI
Sebelum menjalani operasi, beberapa tes rutin akan dilakukan untuk mengetahui keadaan dan kelayakan mata yang akan dioperasi serta kesehatan umum anda disesuaikan dengan kebutuhan jenis operasi tersebut.

Mata anda akan diberikan obat tetes. Namun, mungkin juga akan diberi obat minum agar anda merasa santai. Kebanyakan operasi katarak tidak memerlukan pembiusan total karena pembiusan lokal sudah cukup.

OPERASI KATARAK

Ada 2 macam teknik yang biasa dilakukan pada operasi katarak, yaitu:
1. Fakoemulsifikasi.
2. Ekstraksi katarak ekstra kapsuler (EKEK).


FOKOEMULSIFIKASI

Fakoemulsifikasi adalah teknik yang paling modern. Hanya diperlukan sayatan yang sangat kecil yaitu sekitar 3 mm disisi kornea. Lensa akan dihancurkan menjadi kepingan halus dengan getaran ultrasonik kemudian disedot keluar. Lensa akan diganti dengan lensa intra-okuler yang dapat dilipat/dipilin dan dimasukkan melalui sayatan kecil tadi. Sayatan kecil tersebut dapat pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan jahitan sehingga memungkinkan anda cepat beraktifitas normal kembali. Operasinya sendiri memakan waktu kuranglebih 30 menit.


EKSTRAKSI KATARAK EKSTRA KAPSULER

Ekstraksi Katarak Ekstra Kapsuler (EKEK) adalah teknik lama dan membutuhkan sayatan yang lebih besar untuk mengeluarkan dan mengganti lensa mata katarak dengan lensa intraokuler yang tidak dapat dilipat. Sayatan kemudian dijahit dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih kembali.


PROSES PENYEMBUHAN

Dengan teknik operasi modern anda tidak perlu menginap di rumah sakit. Anda dapat segera mengerjakan aktifitas rutin anda seperti mandi dan cuci rambut, membaca dan kembali bekerja.



visite our website :
 http://www.rsisultanagung.co.id/
0 comments Posted by RSI Sultan Agung at 20:20
Katarak adalah suatu keadaan dimana lensa yang terletak di dalam mata berubah menjadi keruh, sehingga menghalangi masuknya cahaya ke dalam bola mata yang mengakibatkan terganggunya penglihatan 
Katarak biasanya dijumpai pada orang tua, tetapi dapat pula terjadi segera setelah kelahiran.
Secara normal Katarak merupakan bagian dari proses ketuaan yang merubah gambaran fisik dari lensa.
 
Katarak dapat juga dihubungkan dengan penyakit tertentu seperti diabetes mellitus (kencing manis) atau karena kecelakaan.

Gejala Katarak 
Penyakit katarak ditandai dengan adanya keluhan penderita tentang
 
penglihatan yang semakin lama semakin kabur, tidak dapat dikoreksi (dibantu) lagi dengan kacamata.
Mata tidak sakit, tidak merah tetapi silau bila melihat, seperti melihat dari balik tirai atau kelambu

Pengobatan Katarak 
Penyakit katarak tidak dapat diobati dengan tetes atau obat minum. Sampai saat ini penanganan yang terbaik adalah melalui tindakan operasi dengan mengambil lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan yang jernih.
 
Pelaksanaan operasi disesuaikan dengan kebutuhan penderita, sampai dengan batas sangat terganggunya penglihatan dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
 
Pada sebagian besar penderita, operasi katarak berhasil dengan baik, dan penderita akan mendapat perbaikan tajam penglihatan.
 
Penderita katarak setelah dilakukan tindakan operasi disarankan untuk kemakai kacamata afakia, lensa kontak atau pemakaian lensa tanam.
 

Seputar Lensa Tanam Intra Okular 
Lensa tanam merupakan salah satu upaya rehabilitasi penderita katarak. Lensa tanam diletakkan didalam bola mata pada saat operasi dan tidak perlu dikeluarkan kembali.
 
Penggunaan lensa tanam dapat menunjang penglihatan penderita katarak.
 
Pada beberapa kasus tertentu penglihatan kadang-kadang terganggu setelah beberapa bulan operasi karena penebalan selaput lensa dibagian belakang. Keadaan ini dapat diperbaiki dengandindakan operasi yang disebut Kapsul-otomi atau dengan penggunaan laser YAG.
 

Fakoemulsifikasi 
Pengobatan Katarak Terkini 
Seiring dengan perkembangan teknologi kedokteran yang semakin canggih, pengobatan penyakit katarak yang selama ini dilakukan (Operasi Katarak Ekstra Kapsuler) berkembang dengan sebuah teknik batu yaitu Teknik FAKOEMULSIFIKASI.
 
Pada operasi katarak Ekstra Kapsuler, secara teknis memerlukan luka operasi yang cukup lebar karenaharus mengeluarkan lensa secara keseluruhan. Tindakan ini akan membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama daripada penggunaan teknik terkini Fakoemulsifikasi.
 
Tindakan operasi katarak dengan Teknik Fakoemulsifikasi memiliki banyak keunggulan diantaranya :
 
Luka operasi sangat pendek (3 ml).
 
Dengan alat fako seluruh lensa dapat dihancurkan dan kemudian disedot/dihisap keluar.
 
Penggunaan lensa tanam hanya cukup ditutup dengan 1 atau 2 jahitan, atau pada kondisi tertentu tidak memerlukan jahitan sama sekali.
 
Dengan teknik fako, masa penyembuhan lebih singkat.
 

Pengobatan Katarak dengan Fakoemulsifikasi sangat membatu penderita KATARAK, namun demikian setiap penderita mempunyai masalah yang berbeda, untuk itu berdiskusi dan berkonsultasi dengan dokter mata akan sangat membantu dalam memberikan pengobatan terbaik bagi mata Anda.

0 komentar: